Kumpulan Peraturan di Bidang Registrasi Obat Tradisional Jilid 1

admin

Mimin
Mar 28, 2022
50
3
8
Indonesia
apoteker.net
Indonesia memiliki keanekaragaman hayati >30.000 spesies tanaman, menempatkan negeri kita tercinta ini sebagai 5 besar negara megabiodiversitas di dunia. Sudah lebih dari 400 etnis di Indonesia memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan obat. Berdasarkan Riskesdas tahun 2010 diketahui terdapat 59,12% masyarakat di Indonesia yang menggunakan jamu dan 95,6% diantaranya mengakui bahwa jamu bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Terlebih lagi, tren “back to nature” saat ini, semakin membuat permintaan Obat Bahan Alam terus meningkat dan membuka peluang usaha dan inovasi dalam pemanfaatan obat bahan alam dalam pelayanan kesehatan.

Kemandirian pengobatan di Indonesia dimulai dari pengembangan obat herbal. Dengan ketersediaan bahan baku di negeri sendiri, akan memudahkan dalam penjaminan ketersediaan produk. Hal tersebut juga akan meningkatkan perekonomian rakyat, mulai dari petani, sampai perdagangan produk.

Para pelaku usaha pun tergerak untuk memproduksi Obat Tradisional agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan diharapkan dapat menghasilkan produk bermutu baik yang mempunyai daya saing yang kuat di pasar global. Produk yang akan beredar di wilayah Indonesia, terlebih dahulu harus didaftarkan di Badan POM untuk mendapatkan izin edar agar terjamin mutu, kualitas, dan khasiatnya.

Untuk itu, Kumpulan Peraturan di Bidang Registrasi Obat Tradisional ini hadir sebagai acuan bagi para pelaku usaha yang membutuhkan informasi mengenai dasar hukum dan regulasi yang terkait dengan registrasi Obat Tradisional dalam rangka pemenuhan persyaratan administrasi, mutu, keamanan, dan kemanfaatan produk.

Semoga Pedoman ini dapat bermanfaat, khususnya bagi para pelaku usaha di bidang Obat Tradisional yang akan mendaftarkan produknya.

kumpulan peraturan di bidang registrasi obat tradisional.png
Penerbit: Badan Pengawas Obat dan Makanan
Lokasi Penerbitan: Jakarta
Tahun: 2020
Silakan LOGIN terlebih dahulu atau DAFTAR GRATIS (jika belum memiliki akun di forum ini) untuk bisa melihat link download/tautan.
 
Top