Verifikasi SKP Jadi Lebih Mudah: Cek Situs Baru Kemenkes Pasca UU Kesehatan

Pencarian-Data-SKP-Kemenkes.jpg


Halo teman-teman forum kesehatan! Ada update seru nih buat yang lagi mikirin kecukupan SKP, terutama buat Apoteker setelah berlakunya Undang-Undang Kesehatan baru. Jadi, gini ceritanya, sekarang udah ada solusi canggih buat ngecek SKP kamu, dan caranya gampang banget!

Sebelumnya, kan kita biasa cek SKP Apoteker lewat aplikasi SIAp dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Tapi sekarang, setelah UU Kesehatan baru diterapkan, SKP nggak cuma buat perpanjang Sertifikat Kompetensi aja, tapi juga buat perpanjang Surat Izin Praktik (SIP) Apoteker. Nah, sekarang cek SKP-nya udah nggak dipegang sama organisasi profesi, tapi langsung oleh Menteri Kesehatan, guys!

Jadi, buat yang penasaran, ada situs keren nih dari Kementerian Kesehatan buat ngecek kecukupan SKP kamu. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, tapi udah bisa dicoba kok di
Silakan LOGIN terlebih dahulu atau DAFTAR GRATIS (jika belum memiliki akun di forum ini) untuk bisa melihat link download/tautan.
. Langsung aja ngecek, gak pake ribet!

Nah, caranya simpel banget. Tinggal pilih nama profesi kamu dan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di situs itu. Nanti bakal muncul info lengkap, mulai dari nama, profesi, nomor STR, masa berlaku STR, status capaian SKP, sampe tanggal terakhir update. Kalau mau, bisa juga cetak Bukti Status Capaian SKP langsung dari situs itu.

Oh ya, status capaian SKP-nya bakal ditampilin sebagai "Tercapai" atau "Belum tercapai" tanpa rincian perolehannya. Jadi, gak usah pusing-pusing mikirin detilnya deh.

Situs ini ngebantu kita banget, karena data awal SKP berasal dari IAI, jadi masih terkait dengan aplikasi SIAp. Buat yang masih bingung atau ada masalah, disarankan cek akun P2AB di aplikasi SIAp masing-masing, ya. Pastiin NIK bener, Nomor STR sesuai yang terbaru, dan semua perolehan SKP udah tersistem di aplikasi SIAp IAI.

Jadi, gak perlu bingung lagi deh, teman-teman. Tinggal cek ke situs resmi Kemenkes, dan pastikan SKP kamu aman dan terpenuhi. Semoga bermanfaat! šŸ˜ŠāœØ
 
Top